admin

Mobil Baru-Bekas MPV Masih Tinggi

In Uncategorized on Juni 9, 2009 at 10:31 am

Krisis global yang belum membaik betul masih berpengaruh pada penjualan kendaraan, terutama mobil, baik yang baru maupun mobil bekas. Penjualan menurun drastis. Sesuai dengan pendataan yang dilakukan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tingkat penurunan untuk mobil baru mencapai 30 persen setiap bulan.

Saat ini, penjualan mobil baru setiap bulan berkisar 34.000 unit. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan penjualan pada awal tahun 2008 yang mencapai sekitar 50.000 unit.

Dengan turunnya suku bunga Bank Indonesia atau BI Rate dari 7,5 menjadi 7,25, hal itu diharapkan mampu menggairahkan kembali penjualan mobil. “Jika suku bunga bank menyesuaikan suku bunga BI, kami yakin gairah konsumen untuk membeli mobil kembali naik,” katanya.

Penjualan mobil bekas, seperti di Bursa Mobil Bekas Kelapa Gading Jakarta Utara, juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan hampir merata pada setiap toko mobil bekas, yaitu antara 50-65 persen dibandingkan dengan situasi sebelum krisis. “Jumlah pembeli turun drastis. Sebelum krisis global, penjualan bisa mencapai 25-30 kendaraan per bulan. Saat ini, kurang dari 12 kendaraan,” kata Velda, Sales Counter Kembang Motor.

Meski terjadi penurunan penjualan mobil, baik baru maupun bekas, ada beberapa jenis mobil yang justru tetap diburu oleh konsumen. Saat ini yang banyak diminati adalah jenis multi purpose vehicle (MPV) atau kendaraan multiguna.

“Ada sekitar 70 persen dari penjualan mobil baru per bulan adalah jenis MPV. Untuk jenis yang lain, seperti sedan, jauh di bawahnya,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gaikindo Freddy Sutrisno. Menurut dia, jenis MPV di sini di antaranya Toyota Avanza dan Innova, Daihatsu Xenia, Gran Max, serta Suzuki APV.

Minat konsumen untuk membeli mobil jenis MPV juga terjadi pada mobil bekas. Jumlah penjualan mencapai 65 persen dari total penjualan dalam setiap bulan. “Dari total penjualan per bulan sebanyak 18 unit, 11 unit di antaranya adalah jenis MPV. Sisanya jenis sedan dan pick-up,” kata Sales Counter Tunas Used Motor, Ike.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: