admin

Nilai Mobil Bekas Naik 10 Persen

In Artikel on Juni 11, 2009 at 10:59 am

Kenaikan harga mobil baru yang mencapai 20 persen dari harga semula, ternyata juga diikuti dengan meroketnya harga mobil bekas. Namun kenaikan tidak setinggi mobil baru, yakni hanya sekitar 10 persen dari harga semula.

Bagi sebagian besar pengusaha mobil bekas, kenaikan tersebut tidak begitu berdampak pada penjualan, karena terjadi serempak pada semua jenis mobil.

Menurut pengurus Persatuan Pengusaha Otomitif wilayah Bogor (P2OB) Kelly Susanto, kenaikan harga mobil saat ini bukan menjadi permasalahan utama bagi para pengusaha mobil bekas atau anggota P2OB. Kesulitan yang dihadapi justru dalam pencarian mobil.

“Mobil bekas saat ini sangat sulit dicari, karena jumlah pengusaha mobilnya bertambah terus, sedang barang agak terbatas. Sehingga kita kadang harus mencari hingga ke Jakarta atau Bandung,” ujarnya.

Tidak heran bila peredaran mobil bekas di Bogor didominasi dengan plat B. Hanya sebagian kecil mobil berplat F. Hal ini karena harga mobil bekas di beberapa kota tidak memiliki patokan harga yang jelas.

Sehingga untuk wilayah Bogor P2OB menerbitkan buletin khusus berisi harga dan spsifikasi mobil dalam seminggu, yang bisa digunakan seagai patokan harga bagi seluruh aggotanya, sehingga harga bisa seragam. “Kalaupun selisih tidak banyak, masih dalam batas wajar, tergantung negosiasi penjual dan pembelinya,” tambahnya.

Meski harga mobil bekas terus meroket mengikuti harga mobil baru, namun penjualannya dalam seminggu bisa mencapai ratusan unit. Bahkan tidak jarang menembus hingga 120 unit untuk seluruh anggota P2OB, yakni 107 pengusaha se-Kota dan Kabupaten Bogor hingga Sukabumi.

Bahkan penjualan mobil bekas saat ini lebih bergairah dibanding dengan penjualan mobil baru, karena kenaikannya tidak terlalu signifikan. Alasan lain, banyak konsumen yang memilih membeli mobil bekas karena barang tersedia langsung, tidak perlu inden seperti saat membeli moil baru. Demikian juga pengurusan surat-suratnya, tidak perlu repot menuggu lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: