admin

Pentingnya pindah tangan asuransi

In Artikel on Juni 13, 2009 at 1:20 pm

Membeli mobil bekas berasuransi memiliki sederet keuntungan. Sayang, usai transaksi, proses memindahtangankan asuransi terabaikan. Padahal jaminan asuransi tidak otomatis berpindah tang an ke pemilik baru. Lalu, bagaimana prosesnya?
SEBENARNYA, secara tegas, mekanisme pindah tangan dalam berasuransi sudah tercantum dalam polis kendaraan bermotor. Seperti tertera pada Pasal19 ayat 2 Polis Standar Kendaraan Bermotor Indonesia yang membahas pengaturan Peralihan Hak pemilik.

Hal inilah yang sering luput dari pengamatan calon dan pemegang polis saat bertransaksi. Malah ada sebagian orang berpendapat, asuransi dari pihak pertama secara otomatis dilanjutkan ke tangan kedua. Ini mesti diluruskan.

“Kami memberikan masa transisi peralihan (grace period} tersebut selama sepuluh hari kalender untuk mengurus kepastian pindah tangan ke pihak yang baru,” tukas Eduardo ASP, General Manager PT Asuransi Central Asia.

Bukan hanya untuk kepentingan tertib administrasi, tapi juga berguna bagi pemegang polis yang anyar. Andai terjadi klaim dari pihak pemilik yang baru, langsung tertangani dengan baik oleh penyelenggara asuransi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: