admin

Kenapa Beli Mobil Baru Kalau Bisa Beli Bekas?

In Artikel, Info on Juni 30, 2009 at 2:00 am

Tak mengherankan kalau di era seperti ini masyarakat lebih memilih untuk membeli mobil second alias mobil bekas pakai daripada kudu membeli mobil baru. Krisis global dan budget yang harus diirit sebenarnya bukan satu-satunya alasan kenapa orang-orang lebih suka mobil bekas. Alasan lainnya adalah untuk lebih menghemat dan untuk mendapatkan mobil yang memuaskan dengan harga yang lumayan berimbang.Semuanya kembali pada nilai yang dimiliki oleh benda tersebut.

Sementara mobil baru terang saja memiliki keunggulannya sendiri dibandingkan dengan mobil bekas, namun masalah nilai ini bisa membuat mobil bekas menjadi pilihan yang lebih baik.
Mari kita ingat lagi pada waktu Anda membeli mobil Anda lalu menjualnya. Saat Anda memikirkan nilai mobil tersebut saat Anda pertama kali membelinya dan nilai mobil itu saat Anda menjualnya, Anda sadar selisihnya tidak terlalu banyak. Ini karena pengaruh depresiasi, biaya perbaikan, dan biaya lain yang telah Anda habiskan untuk mobil Anda itu. Jika Anda juga menghitung biaya bahan bakar yang Anda gunakan selama Anda menggunakan mobil itu, maka tampaknya hampir tidak ada keuntungan yang Anda dapatkan saat Anda menjual mobil Anda itu.

Fitur dan fungsi sebuah mobil juga menambah nilai yang Anda dapatkan dari sebuah mobil. Mobil baru akan mengungguli mobil bekas jika kita membicarakan tentang penampilan dan fungsinya. Tampak jelas jika mobil baru memiliki fitur yang lebih menarik dan fungsi yang lebih hebat. Sekali Anda melihatnya, Anda akan langsung ingin mengendarainya.
Namun jika Anda memperhatikannya lebih teliti, Anda akan sadar bahwa sebuah mobil bekas bisa jadi akan lebih awet daripada mobil baru. Dengan usia dan penggunaannya, kita bisa menganggap sebuah mobil bekas malah telah mengalami banyak perbaikan dan peningkatan fitur. Sementara mobil yang telah banyak diperbaiki kedengaran tak menggugah selera, namun rasanya mobil ini telah dijadikan lebih kuat seiring dengan waktu. Dengan banyaknya perbaikan dan peningkatan fiturnya, kita bisa yakin bahwa mobil itu telah mengalami banyak ujian, perbaikan, dan ditingkatkan performanya berkali-kali sehingga menjadi mobil yang lebih bisa diandalkan daripada mobil baru.

Pemikiran ini bukannya menganggap mobil baru sebagai mobil yang tidak bagus. Masih ada faktor kenyamanan dan kepuasan untuk dipikirkan. Jika Anda merasa lebih nyaman dengan mobil baru, maka hal itu tidak bisa dikalahkan oleh mobil bekas. Dengan membeli mobil baru, Anda juga punya hak kepemilikan perdana dan tidak terlalu memikirkan cacat mobil itu di masa lalu.
Walaupun begitu, dengan resesi ekonomi sekarang ini, membeli mobil bekas tetap menjadi solusi yang lebih praktis untuk memiliki kendaraan pribadi. Jika Anda benar-benar ingin mencari mana yang lebih bijak dari dua pilihan tersebut, mungkin membeli mobil bekas adalah pilihan yang lebih masuk akal. Dengan harga yang lebih murah, dan lebih bisanya mobil itu diandalkan, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan mobil itu untuk meyakinkan diri Anda bahwa itu memang pilihan Anda yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: