admin

Bila Harga Mobil Baru Naik, Mobil Bekas Malah Menurun

In Info on Juli 3, 2009 at 9:46 am

Jakarta – Berbeda dengan fenomena meroketnya harga mobil baru di awal tahun 2009 ini, harga mobil bekas di pasaran justru malah turun menukik.

Karena itulah, para pengusaha jual beli mobil bekas sepertinya harus segera bersiap menghadapi penurunan harga penjualan untuk awal tahun 2009. Hal ini disebabkan karena dampak krisis global yang terjadi pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2009. Padahal sebelumnya diperkirakan pasar mobil medium tidak akan terlalu terpengaruh dengan krisis global.

Seperti yang dikatakan Sentot S. Marketing Baruna Motor Jl. R.S Fatmawati No. 70 Jakarta Selatan. “Penjualan untuk produk Toyota dan Honda serta Suzuki mengalami penurunan harga sebesar 10 persen. Sedangkan untuk mobil produk Eropa mengalami penurunan yang cukup besar sekitar 10 – 15 persen. Hal ini disebabkan oleh krisis global yang terjadi tidak kunjung usai, bahkan sampai tahun 2009,” ujar Sentot ketika ditemui detikOto, Rabu (7/01/2009).

Namun, walaupun saat ini tengah terjadi penurunan harga mobil bekas di pasaran, Sentot ternyata cukup optimis meilihat tahun 2009 ini. “Peminat mobil bekas masihn sangat banyak, apalagi bila kita melihat harga penjualan mobil baru yang naik sekitar 10 sampai 15 persen,” tambah Sentot.

Hal serupa ternyata juga dirasakan Showroom RGM Auto yang terletak di Jl R.S Fatmawati Raya 19 A. Menurut pemilik showroom, Novel Shebubakar, penurunan harga penjualan terjadi hampir merata disemua kelas mobil bekas. Untuk mobil dari Jepang terjadi penurunan sebesar 10 persen.

“Karena untuk Toyota Innova dan Avanza saja telah terjadi penurunan penjualan sebanyak Rp 10 juta rupiah, dan untuk mobil produkan Eropa bahkan mengalami penurunan harga penjualana yang lebih besar lagi, yakni, sebesar Rp 15 – 20 juta rupiah, terutama mobil berkapasitas mesin besar,” ujar Novel.

Tapi Novel tetap merasa optimis di tengah krisis yang terjadi secara global ini. “Showroom saya masih sering kok didatangi oleh konsumen yang ingin beli mobil bekas, buktinya baru tanggal segini aja sudah 3 unit kendaraan saya yang terjual,” kata Novel. ( ikh / syu )

Sumber : Muhamad Ikhsan – detikOto
Rabu, 07/01/2009 17:17 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: