admin

Dari Pierce Arrow, Lincoln, sampai Cadillac

In Artikel, Info on Juli 4, 2009 at 7:59 am

Meskipun Obama senang dengan mobil yang dipakai, tapi ia tidak akan bisa membelinya setelah pensiun. Nasib Obama tidak sebaik presiden di era sebelum Roosevelt yang bisa membeli mobil bekas pakai Gedung Putih seperti Presiden Woodrow Wilson. Wilson membeli Pierce-Arrow 1919 dengan harga US$ 3000 saat pensiun di awal 1921.

Masa jabatan Barack Obama tepat satu abad sejak Amerika Serikat mulai membeli mobil untuk presidennya. Presiden Amerika pertama yang mendapat mobil dinas adalah William Howard Taft yang memerintah mulai Januari 1909. Ini setelah Kongres menyetujui anggaran untuk pembelian tiga mobil dinas.

Seperti ditulis New York Times, mobil yang dijatahkan untuk Taft yakni sebuah mobil uap White Model M serta dua buah mobil bensin yakni Pierce Arrow dan Baker Electric. Mobil itu tidak berbeda dengan mobil-mobil lain yang beredar di pasar. Tidak ada mofikasi sedikitpun.

Saat dibuat, wartawan diundang ke pabrik White di Cleveland. Menurut pemilik pabrik, Rollin H. White, mobil itu tidak berbeda dengan yang biasa dijual di pasaran. “Saat kami membuat mobil untuk presiden Amerika, tidak mungkin kami membuat lebih bagus daripada mobil yang bisa dibeli Anda, atau orang lain, dari kami,” katanya.

Jadi, selama puluhan tahun, presiden Amerika menggunakan mobil yang tidak berbeda dengan versi pasaran. Mobil modifikasi–dilengkapi lapisan tahan peluru– baru mulai dipakai saat Franklin D. Roosevelt menjadi presiden. Ini setelah Roosevelt yang sedang naik mobil Buick terbuka di Miami akan dibunuh Giuseppe Zangara.

Dinas Rahasia, yang bertanggung jawab atas keamanan presiden, segera memasang lapisan tahan peluru di mobil presiden. Mobil pertama yang dipasang lapisan tahan peluru adalah Cadillac sitaan dari bos mafia Al Capone dan dipakai presiden.

Dinas Rahasia juga bertindak lain. Mereka memesan mobil khusus untuk penghuni Gedung Putih dengan spesifikasi teknis yang tebalnya sampai lima halaman. Mobil pertama itu dikirim pada Desember 1939 untuk Presiden Roosevelt.

Badan mobil dibuat oleh Brunn–karoseri bus di Colorado–dengan kerangka Lincoln Series K. Mesinnya V-12. Pemerintah berstatus meminjam, bukan membeli, mobil itu dari Ford. Mobil ini dinamain Lincoln Sunshine Special.

Selama Perang Dunia II, Ford (pemilik merek Lincoln) menambah mobil dengan kaca setebal 2,5 sentimeter, ban tahan gembos, serta lapisan baja yang bisa menahan tembakan senapan mesin. Mobil itu pensiun pada 1950 dan sekarang masuk Museum Henry Ford.

Dominasi mobil Lincoln di Gedung Putih bertambah kuat saat Harry S. Truman menjadi presiden pada 1948. Truman memilih Lincoln karena jengkel saat kampanye calon presiden, kandidat ini meminta General Motors menyediakan armada mobil tapi General Motors (yang mengira Truman akan kalah) menolak.

Maka, pada 1950 Gedung Putih menerima Lincoln Cosmopolitan. Yang mencolok dari mobil ini adalah satu: menggunakan transmisi otomatis Hydramatic buatan General Motors.

Saat John F. Kennedy menjadi presiden, mobil yang dipakai adalah adaptasi Lincoln Continental 1961. Badan mobil diproduksi Hess & Eisenhardt dan Ford menghabiskan uang US$ 200 ribu untuk membuatnya. Meski begitu, Ford menyewakan ke Gedung Putih dengan biaya hanya US$ 500 setahun.

Mobil ini memiliki atap kanvas yang bisa ditukar dengan atap konvensional. Atap kanvas bisa dilipat, seperti saat Kennedy di tembak di Dallas.

Setelah Kennedy ditembak, mobil itu diperkuat dengan lapisan tahan peluru. Jendela juga anti peluru dengan lima sampai delapan lapis kaca yang diperkuat polikarbonat.

Mobil yang dipakai Presiden Nixon sampai Reagan adalah dari dasar Lincoln Continentals. Ford menghabiskan tiga tahun untuk membuat mobil yang kemudian menggunakan nomor kerangka bertahun 1970 itu.

Ini menjadi mobil terakhir yang memiliki bagian atas terbuka dan diumumkan beratnya. Mobil ini juga terbukti ampuh dari tembakan sehingga Presiden Ford selamat saat akan dibunuh Sara Jane Moore pada 1975 dan Reagan dari John Hinckley pada 1981.

Kekuasaan Reagan pada Januari 1983 juga menjadi tanda berakhirnya dominasi Lincoln. Reagan, selain menggunakan Lincoln, juga memesan Cadillac Fleetwoods buatan General Motors.

Bengkel modifikai Hess & Eisenhardt kemudian memperpanjang limosin ini sepanjang 43 sentimeter dan menaikkan atap 7,2 sentimeter. Kaca jendela tebalnya enam sentimeter, dua kali lebih tebal dari mobil Kennedy. Mobil itu memiliki roda 16 inci dengan mesin V8 sebesar 8.200 cc, jauh lebih besar daripada limosin Cadillac standar yang bermesin 6 ribu cc.

Bill Clinton–penggemar mobil yang bahkan pernah merestorasi Mustang Convertible–bersemangat dengan mobil yang bakal dinaiki setelah dilantik. Mobil itu dibuat seluruhnya oleh General Motors.

Tiga Cadillac Fleetwood dengan panjang 6,8 meter (23 sentimeter lebih panjang dari mobil Reagan) dikirim ke Gedung Putih sebelum pelantikan pada Januari 1982.

Sumber : TEMPO Interaktif, Jakarta
Jum’at, 07 November 2008 | 11:02 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: