admin

Verena Finance Andalkan Pembiayaan Mobil Bekas

In Info on Juli 6, 2009 at 8:12 am

PT Verena Oto Finance Tbk optimistis pembiayaan mobil bekas (used car) tumbuh tahun ini sehingga perseroan masih mengandalkan portofolio pembiayaan hingga 85% pada segmen itu.

Direktur Verena Finance Andi Harjono mengatakan persentase pembiayaan mobil bekas di antara 80%-85% dan sisanya untuk mobil baru. Menurut dia, pasar mobil baru masih didominasi oleh multifinance yang dimiliki ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek. Selain itu, harga mobil baru yang cenderung naik tahun ini juga menjadi kelebihan tersendiri bagi pengembangan bisnis mobil bekas.

“Awalnya kami lempar mobil baru ke pasar, kemudian multifinance ada yang dimiliki ATPM yang lebih dominan karena sudah ada captive market. Maka, dari segi kompetitif susah, mobil baru sudah mahal pula,” katanya kepada Bisnis.com, hari ini.

Dia mengatakan segmen mobil bekas dikhususkan bagi mobil yang memiliki tingkat likuiditas tinggi atau lebih kepada segmen mobil rakyat.

“Kami tidak garap mobil tua, kami masih tetap di bawah 150 juta, mobil mahal tidak,” ujarnya.

Dia pernah mengatakan target penyaluran kredit pada tahun ini sekitar Rp900 miliar dengan mengandalkan dana dari joint financing sejumlah bank sekitar Rp1 triliun. Dari total dana tersebut, perseroan saat ini baru menggunakan sedikitnya Rp300 miliar-Rp400 miliar.

Bank yang bekerja sama di antaranya bank induk perusahaan yakni Bank Panin, dan lembaga keuangan lain yakni Bank Akita dan Bank Negara Indonesia.

Andi mengatakan target ekspansi kredit itu tidak berbeda jauh dengan perolehan kredit pada tahun lalu sebesar Rp800 miliar atau setara dengan 12.000 unit mobil.(yn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: