admin

Jika Mau Beli Mobil Bekas, Sekarang Saatnya

In Info on Juli 16, 2009 at 12:28 pm

Bagi yang berniat membeli mobil bekas, lakukan sekarang. Pasalnya, lonjakan harga terjadi menjelang hari raya Idul Fitri. Selain karena daya beli meningkat, penyulut lainnya karena masuknya pedagang mobil bekas dari berbagai daerah ke ibu kota mencari “barang”.

“Sekarang sudah mulai naik harga, pedagang (daerah) sudah mulai masuk. Kenaikan harga bisa berkisar Rp 5 juta-Rp 10 juta,” ujar Deni Hartono, pemilik Alsa Mobil, yang berlokasi di Pusat Mobil Bekas WTC Mangga Dua Lt 7, Jakarta Utara, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7).

Serbuan pedagang daerah ini, lanjut Deni, merupakan salah satu penyebab tersendatnya pasokan stok untuk memenuhi permintaan konsumen. Lonjakan harga juga akan terjadi pascapemilu presiden tahun ini. Meski tetap berpikir positif, Deni mengaku masih menemukan banyak konsumen yang masih menunda penggantian mobilnya akibat terimbas krisis ekonomi dunia.

“Memang siklus tahunannya pasti akan meningkat menjelang Lebaran, sampai 20-30 persen. Tapi banyak juga yang masih menunda penggantian mobil barunya dengan memperbaiki yang lama,” ungkapnya.

Di sisi lain, kenaikan harga jual mobil bekas akan meningkat menyusul melonjaknya permintaan mobil baru pada agen tunggal pemegang merek (ATPM). Dengan besarnya permintaan, maka akan terjadi tumpukan pesanan (inden) untuk mobil baru. “Kondisi ini yang kemudian menyebabkan potensi kenaikan harga terjadi,” tambah Leovan Widjaja, General Manager Mobil 88 kepada Kompas.com.

Bahkan, konsumen saat ini sudah banyak yang mulai melakukan pembelian mobil bekas. Mereka khawatir jika pembelian dilakukan mendekati Hari Raya, maka mereka akan memperoleh harga jual yang lebih tinggi.

Leovan mengaku, pada dasarnya posisi harga hingga Juli 2009 masih relatif stabil. Namun, jika daftar inden mobil baru di ATPM semakin panjang, maka harga mobil bekas akan terkoreksi naik.

“Indikasinya, kalau memang terjadi penumpukan di pemesanan mobil baru akan terjadi kenaikan harga. Analoginya, kalau mobil seharga Rp 100 juta akan meningkat Rp 3 juta-Rp 5 juta tergantung dari jenis mobilnya,” ungkap Leovan.

Untuk produk terlaris, baik Deni maupun Leovan sepakat, primadona masih dipegang jenis kendaraan multi purpose vehicle (MVP), seperti Avanza, Xenia, dan Innova. Selanjutnya, produk hatchback, yakni Jazz, Yaris, dan Swift, juga  diminati karena relatif masih terjangkau oleh konsumen.

Sumber :otomotif.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: