admin

Harga Spare Part Naik, Imitasi dan Bekas Diminati

In Info on Juli 17, 2009 at 1:59 pm

Melemahnya nilai tukar rupiah yang sempat menembus Rp 12.000 per dollar AS, sejumlah pedagang onderdil mobil di Pusat Onderdil Plaza Atrium (POPA) mengatakan, Minggu (22/2) harga suku cadang cenderung terus naik, sekalipun pascapenurunan BBM sudah beberapa kali. Malah, kenaikannya berkisar 10-30 persen.

Boim, salah satu pemilik toko di POPA, mengeluhkan jumlah pembeli yang turun sebagai dampak kenaikan harga spare part. “Rata-rata semua barang naik harganya, baik yang asli maupun imitasi. Kenaikannya juga bervariasi,” sebut Boim kepada Antara.

Seperti komponen tie-rod untuk Toyota Kijang, untuk yang asli, tadinya Rp 110.000, naik menjadi Rp 130.000. Adapun yang imitasi, semula Rp 90.000, kini menjadi Rp 130.000.

Merosotnya pembeli akibat kenaikan harga membuat omzet pedagang turun. Boim mengaku, sebelum krisis, per hari bisa mengantongi dari Rp 5 juta sampai Rp 9 juta, sekarang hanya dapat Rp 3 jutaan dan itu pun dengan susah payah. Ia pun terpaksa mengurangi margin keuntungan agar ada perputaran uang.

Menurut Budi, pemilik toko onderdil khusus Toyota, sekarang ini suku cadang bekas dan imitasi jadi pilihan konsumen lantaran harganya lebih murah. Adanya pergeseran ini, Budi mengakui, pendapatannya turun sekitar 15 persen.

Bagaimana dengan harga mobil seken? Menurut seorang pedagang, Surya kepada Warta Kota, permintaan mobil bekas tetap tinggi. Padahal, harga cenderung naik seiring dengan kenaikan harga mobil baru. Baik sebelum dan sesudah krisis, ia menjual rata-rata 15 unit setiap bulannya.

Hal senada juga diutarakan Bowo. Pedagang mobil bekas ini mengakui krisis ekonomi tidak memengaruhi penjualan mobil bekas. “Krisis ekonomi tidak terlalu berpengaruh terhadap permintaan mobil second,” tegas Bowo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: