admin

Impor Mobil Sudah Bisa Bulan Ini

In Info on Juli 17, 2009 at 1:26 pm

Ketua Dewan Kawasan (DK) perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, Bintan dan Karimun (BBK) Ismeth Abdullah menyatakan pada Juli ini, impor mobil di Batam sudah bisa dilakukan. “Juli tak meleset lagi, impor sudah bisa dilaksanakan,” kata Ismeth kepada Batam Pos, di Batam, Kamis (16/7). Menurut dia, semua permasalahan yang mengganjal selama ini akan diselesaikan dalam waktu dekat. Masukan dari Pemko Batam sudah diterima. Ismeth meminta warga bersabar untuk mengganti mobil baru.
“Jumlah yang ingin mengganti mobil baru itu pasti tak banyak. Jadi sabar,” ujar Ismeth. Dia mengatakan, selain masalah mobil, pelaksanaan FTZ juga tidak ada masalah. Kalau ada riak, itu disebabkan FTZ masih baru dan memerlukan penyesuaian. “Pada prinsipnya sudah jalan. Kejadian di lapangan yang kurang menguntungkan pengusaha saat ini dievaluasi Menko Perekonomian dan Menkeu,” kata dia. Pemerintah Kota Batam sudah memberikan usulan terhadap kuota impor yang akan ditetapkan DK bersama Badan Pengusahaan Batam.
“Kita sudah memberikan masukan agar jadi pertimbangan DK, “ ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Syamsul Bahrum.
Menurut Syamsul, jumlah mobil di Batam saat ini mencapai 38 ribu unit. Dari jumlah tersebut banyak milik pribadi. Dengan dikeluarkannya kuota impor mobil nantinya, lanjut dia, masalah transportasi di Batam pasti timbul jika dari sekarang tidak diatur.
Dia mengatakan, Pemko Batam sudah memberikan masukan kepada DK mengenai masalah mobil tersebut. Salah satunya, mobil yang diimpor harus baru. Secara pribadi, jelasnya, mobil bekas yang bisa digunakan untuk pendukung produksi harusnya bisa masuk. Pasalnya alat berat jenis itu jarang bergerak, tidak seperti mobil yang biasa digunakan untuk keluarga.
“Kalau mobil tersebut, dibeli dalam kondisi baru, tentu harganya mahal,” imbuh dia. Syamsul menilai, BP Batam tidak lamban dalam menetapkan kuota tersebut. “Karena BP harus menganalisa banyak aspek-aspek untuk kenyaman transportasi di Batam,” katanya. (robby)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: