admin

Pasar Mobil Bekas Di Kemayoran Stabil

In Berita, Info on Juli 22, 2009 at 10:25 am

Membeli mobil bekas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menjadi alternatif yang paling mudah dan cepat untuk memiliki sarana transportasi. Apalagi kecenderungan masyarakat memiliki kendaraan agar dapat membawa keluarganya jalan-jalan sangat tinggi. Kondisi seperti itu tentu membuat pasar mobil bekas selalu bergairah. Alasannya, dengan kendaraan sendiri, bertamasya akan lebih mengasyikkan dan mempunyai kebanggaan tersendiri.

Hal ini diakui Andi pemilik Handal Mobilindo di lokasi Pasar Mobil Kemayoran kepada otogenik.com baru-baru ini, penjualan mobil bekas, kini cenderung ramai karena harganya tidak terlalu bergejolak. Walupun demikian, harga mobil bekas yang ditawarkan antara pedagang relatif berbeda. Saat ini mobil yang paling banyak diburu konsumen adalah kendaraan keluarga yang berjenis multi purpose vehicle (MPV) dan sedan kompak berjenis city car. Munculnya model-model baru dari pabrikan juga berdampak terhadap harga jual mobil bekas, misalnya pergantian Kijang kapsul dengan Kijang Innova.

“Kijang kapsul produksi tahun 1996 – 2003 masih banyak dicari konsumen. Bahkan untuk model yang lebih kuno pun peminatnya cukup banyak. Penyebabnya karena semakin besarnya kebutuhan konsumen akan kendaraan penumpang yang memiliki kabin lega. Sementara untuk memiliki Kijang Innova harus inden, juga Kijang lama sudah tidak diproduksi lagi,”ungkap Andi yang memang khusus menjual kendaraan khusus kijang dan panther.

Berkaitan dengan itu, maka harga Kijang lama model kotak dan kapsul harganya melambung hingganaik sekitar 1-3 juta. Kenaikan harga ini menyebabkan konsumen yang memiliki dana terbatas mengalihkan perhatiannya kepada merek lain yang harganya lebih murah. Contohnya seperti Suzuki Carry tahun 1994 yang harganya kira-kira masih dibawah harga sebuah kijang. “Tidak hanya itu, kini konsumen banyak pula yang mengalihkan perhatiannya kepada mobil yang memiliki model tidak jauh berbeda dengan Kijang, seperti Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther,” tambahnya.

Keterangan senada disampaikan juga Yanto, pemilik Era Mobil di lokasi yang sama, penjualan mobil bekas saat ini tidak ada perbedaan berarti dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana penjualannya tetap stabil dengan jumlah yang terjual pada tahun lalu.

“Penjualan mobil bekas saat ini, bisa kami katakan tetap stabil dibandingkan dengan tahun lalu. Meski banyak mobil baru yang diproduksi, konsumen seperti tidak begitu tertarik. Karena harganya jauh lebih mahal dari mobil bekas, mereka juga seperti juga lebih suka dengan model mobil bekas yang kami jual,”ujar Yanto tanpa mau merinci lebih jelas jumlah total mobil yang telah dijualnya.

Selain model MPV (Multi Purpose Vehicle), konsumen sekarang banyak pula yang menyukai mobil mungil dengan mesin yang berkapasitas kecil dan juga varian yang lebih besar seperti SUV (Sport Utility Vehicle) yang cukup nyaman bila dipakai mengarungi jalan-jalan yang rawan kemacetan di Kota Jakarta, seperti Kia Visto dan Suzuki Karimun. (ian)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: