admin

Bisnis Mobil Bekas Di Palembang Kembali Bergairah

In Berita on Juli 23, 2009 at 11:30 am

Pasca menurunnya omzet penjualan mobil bekas di Kota Palembang akibat krisis ekonomi global, kini bisnis jual beli kendaraan bekas kembali bergairah.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Mobil Sumatra Selatan (Sumsel), Hermansyah, di Palembang, Sabtu mengatakan, kini terjadi peningkatan penjualan mobil signifikan mencapai 20 persen dari ratusan dealer menjual berbagai jenis mobil bekas di daerah tersebut.

Padahal di awal dampak krisis ekonomi global melanda negeri ini, omzet penjualan kendaraan bekas tersebut turun sampai 70 persen, katanya.

Menurut dia, meningkatnya penjualan kendaraan bekas tersebut, dipengaruhi menurunnya suku bunga yang telah ditetapkan lembaga pembiayaan kredit barang atau leasing pasca turunnya BI Rate.

Selain itu, pihaknya menilai akhir-akhir ini terjadi peningkatan daya beli kendaraan bekas di daerah tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, faktor lain yang menyebabkan meningkatnya penjualan mobil bekas tersebut, akibat semakin tingginya harga kendaraan baru dijual di pasaran.

Sehingga peminat pun cenderung lebih memilih mobil bekas, karena untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi yang mereka inginkan, katanya.

Dia menjelaskan, memang sampai kini penjualan mobil bekas dengan harga kisaran di bawah Rp100 juta per unit mengalami peningkatkan signifikan.

Tetapi untuk mobil bekas yang harganya di atas Rp100 juta, peminatnya pun cenderung menurun, ujarnya.

Sementara itu, Rully salah seorang karyawan dealer penjualan mobil bekas di Kota Palembang mengatakan, pembeli cenderung memilih mobil bekas dengan harga di bawah Rp100 juta, atau lebih banyak mencari kendaraan dengan nilai beli Rp50 juta ke bawah.

Namun, jenis kendaraan minibus juga menjadi yang paling diminati pembeli, ketimbang sedan atau mobil berukuran kecil lainnya, kata dia.

Dia menambahkan, kendaraan bekas yang mereka jual tersebut sebagian besar dari Pulau Jawa terutama Jakarta, dan setiap bulannya rata-rata terjual empat unit mobil jenis minibus.

Meskipun bernomor polisi Jakarta atau sejumlah daerah di Jawa, tetapi pembeli dapat memesan langsung baliknama dan mutasi, sehingga mereka tidak perlu susah menganti plat nomor, ujar Rully.

http://www.beritadaerah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: