admin

Pembiayaan Mobil Bekas Kian marak

In Berita on Juli 24, 2009 at 10:00 am

Segmen bisnis sebagian multifinance akan beralih dengan memperbesar alokasi pembiayaan pada mobil bekas seiring dengan kenaikan harga mobil baru hingga kuartal I/2009.

Pada triwulan II tahun ini harga mobil baru berpotensi kembali naik bersamaan dengan depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang menyebabkan perusahaan otomotif kesulitan menutupi biaya produksi.

Presiden Direktur PT Astrido Pasific Finance Edhi Moeljono mengatakan kenaikan harga mobil baru mendorong multifinance mencari strategi bertahan di tengah krisis ekonomi global yang di satu sisi juga menurunkan daya beli masyarakat. Astrido berencana menambah persentase mobil bekas maksimal 35%.

“Kami melihat ada kecenderungan beberapa perusahaan pembiayaan mulai sedikit memperbesar porsi kredit used car. Apalagi persaingan mobil baru juga makin ketat,” katanya kepada Bisnis, pekan ini.

PT Toyota Astra Motor sebelumnya menyatakan sudah menaikkan harga mobil tiga kali pada Januari, Februari, dan April. PT Garuda Mataram Motor yang merupakan ATPM (agen tunggal pemegang merek) Volkswagen di Indonesia, juga berencana menaikkan harga mobil mulai semester II/2009.

Herman Suwinta, Direktur Pemasaran PT First Indo American Leasing (FIAL), mengungkapkan pada awalnya, segmentasi bisnis pembiayaan mayoritas pada mobil baru, akan tetapi sejak krisis ekonomi pada 3 bulan terakhir tahun ini, pihaknya mengubah haluan ke mobil bekas.

Pergeseran tersebut, tuturnya, sebagai salah satu strategi penyesuaian dengan kenaikan harga mobil baru saat perekonomi belum stabil.

Direktur PT Verena Oto Finance Tbk Andi Harjono mengakui memang ada kecenderungan peralihan segmen bisnis tersebut bisa terjadi. Namun, ada permasalahan dalam penyesuaian harga mobil bekas. (23)

Sumber: http://www.kanwilpajakwpbesar.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: