admin

Mobil Bekas Makin Dicari

In Berita on Juli 25, 2009 at 9:44 am

Imbas dari krisis dan kenaikan harga mobil baru, memicu tumbuhnya penjualan mobil bekas. Penjualan mobil bekas juga relatif kebal dari suilitnya mendapat kredit pembiayaan.

Setidaknya kondisi ini terlihat di sentra penjualan mobil bekas WTC Mangga Dua Jakarta Utara. Selama tahun ini saja, pertumbuhan penjualan mencapai 50 persen. Jika tahun sebelumnya, penjualan rata-rata mencapai 300 hingga 400 unit setiap minggunya, pada 2008 ini, rata-rata penjualan mencapai 500 hingga 600 unit.

Menurut Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mobil bekas tak terpengaruh krisis pembiayaan, mengingat sekira 80 persen transaksi dilakukan secara tunai.

“Selain faktor makin selektifnya perusahaan pembiayaan dalam mengucurkan kredit dan makin mahalnya harga baru, pertumbuhan penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua juga dipengaruhi penambahan lokasi atau lot. Sehingga mobil yang didisplay semakin banyak,” ungkap Herjanto di sela acara pengundian Ramadhan Vaganza di WTC Mangga Dua.

Herjanto menambahkan, jika pada 2007, lokasi hanya berada di lantai 8, 3, dan 3A, kini bertambah di lantai 9. Sehingga lokasi totalnya saat ini seluas 3 hektar di tambah 7.500 meter persegi. Area tersebut dapat menampung sekira 1.230 unit mobil dengan 270 showroom.

Menurut Herjanto, konsumen mobil yang banyak dicari konsumen kebanyakan dari jenis minibus, seperti Avanza dan Xenia. Serta city car seperti Atoz, Karimun, dan lainnya. Mobil-mobil tersebut menyumbang 60 persen dari total penjualan.

Pertumbuhan signifikan, lanjut Herjanto, mulai terasa pada Juli 2008 di mana penjualan mencapai 1.500 unit. Saat itu, masyarakat mencari mobil untuk persiapan lebaran. Disinggung mengenai prospek bisnis mobil bekas ke depan, Herjanto makin yakin peminat semakin banyak. Untuk itu, ia berminat menambah lot untuk bisnis automotif. Dia juga berencana membuka Auto Mall yang tak hanya menjual mobil bekas, namun juga mobil baru beserta suku cadangnya.

“Mobil bekas itu tak akan ada matinya, apalagi di tengah krisis dan terkadang untuk mendapatkan mobil baru, waktu indennya bisa mencapai 3 atau 4 bulan. Sementara di sini mobil bisa langsung di bawa pulang,” ungkapnya. Herjanto memprediksikan penjualan mobil, bekas tahun depan di tempatnya bisa melonjak hingga 10 persen.

Berbagai jenis mobil dijual di WTC Mangga Dua dari mulai mobil seharga Rp20 jutaan hingga Mercedes S-Class yang dibanderol Rp1,3 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: