admin

Rekon Dilarang, Mobil Bekas Tetap Masuk

In Berita, Info on Juli 27, 2009 at 9:50 am

Banyaknya mobil bekas khususnya angkutan kota dan taksi di Batam, membuat gerah Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Syamsul Bahrum.

Ia menegaskan, sama sekali tak setuju mobil bekas itu masuk ke Batam. Untuk itu, Syamsul berjanji untuk menanyakan perihal masuknya mobil bekas tersebut kepada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) M Yazid.

”Saya sebagai Asisten Ekbang tak setuju mobil bekas masuk ke Batam. Saya akan cek ke Yazid (Kadishub M Yazid, red), kenapa mobil itu masuk Batam,’’ kata Syamsul Bahrum kepada Batam Pos, yang ditemui di acara Pembinaan Ekonomi Produktif Perempuan yang digelar di Graha Kadin, Kamis (27/3).

Menurutnya, mobil bekas memang seharusnya tidak diizinkan masuk ke Batam. Kalau pun diberi izin masuk, harus memenuhi spesifikasi tertentu. ”Kondisi mobil tidak buruk dan ramah lingkungan,’’ tambahnya.

Ia juga menegaskan, Pemko bakal menggelar rapat khusus untuk membahas pemasukan mobil bekas ke Batam. ”Di rapat itu kita ingin tahu, apa alasan sehingga mobil itu bisa masuk ke Batam,’’ paparnya.

Sejauh ini, kata dia, pemasukan mobil ke Batam diupayakan sesuai dengan aturan yang ada. ”Sejauh tidak ada aturan yang dilanggar, ya tidak apa-apa,’’ cetusnya.

Meski begitu, Syamsul juga tidak menampik, ada celah yang dimanfaatkan pengusaha yang memasukkan mobil bekas itu ke Batam. ”Justru itu yang menimbulkan masalah. Di Batam kan jalan terukur dan sistemnya terukur, sehingga kalau transportasinya tak standar, justru menimbulkan masalah,’’ paparnya.

Apakah pemasukan mobil bekas ke Batam merupakan upaya spekulasi pengusaha? ”Pengusaha juga kan memiliki spekulasi ekonomi, mungkin terkait dengan mekanisme One In One Out (OIOO) atau pemberlakuan FTZ yang nantinya regulasinya berada di Dewan Kawasan (DK),’’ imbuhnya. (hda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: