admin

Banjir Jakarta Pengaruhi Pasaran Mobil Bekas di Palembang

In Berita on Juli 28, 2009 at 10:04 am

Bencana alam banjir yang melanda kawasan ibukota DKI Jakarta, agaknya sangat mempengaruhi pasaran mobil bekas di Palembang.

Sejumlah pengusaha dealer yang khusus menawarkan jual-beli mobil baru dan bekas di beberapa kawasan dalam Kota Palembang, mengatakan bahwa bisnis jual beli mobil bekas dalam beberapa pekan terakhir ini mengalami kelesuan akibat pengaruh banjir di Jakarta.

Para calon pembeli sekarang ini kelihatan hati-hati sekali dalam membeli dan memilih mobil bekas, khususnya yang berplat B atau dipasok dari Jakarta, karena takut kalau terkena banjir biasanya mesin kendaraan mudah rusak.

Menurut Syafri, petugas dealer di kawasan Bukit Besar Palembang, sejumlah konsumen setiap akan membeli mobil bekas utamanya yang berplat B selalu menyinggung “jangan-jangan terkena banjir”.

Bahkan sebagian lagi mengurungkan niat membeli malah beralih “melirik” mobil bekas yang berpelat BG dari Sumsel atau BH asal Jambi, kata Syafri.

Padahal lanjut dia, stok yang tersedia dengan plat B sebenarnya sudah ada sebelum terjadi banjir di Jakarta, namun calon pembeli tetap saja ragu sehingga tidak jadi membeli atau dengan cara tukar-tambah.

Menurut dia, sekarang ini bos pemilik dealer melihat situasi yang kurang menguntungkan itu cendrung mencari mobil bekas dari daerah lain seperti Jambi, Bengkulu dan Lampung bukan berplat B.

Namun untuk memasok mobil bekas dari beberapa daerah tersebut, sekarang ini jarang ada yang menjual sehingga stok tersedia berkurang, katanya.

Kalau sebelum terjadi banjir di Jakarta, mobil bekas berasal dari Jakarta biasanya bisa terjual antara empat hingga lima per bulan dengan keuntungan bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta, sekarang ini untuk melakukan yang ada saja susah, tambahnya. (*/rit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: