admin

Harga Cengkeh Turun, Penjualan Mobil Bekas Merosot

In Berita, harga mobil bekas on Agustus 1, 2009 at 11:56 am

Penjualan mobil bekas di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), sejak beberapa bulan terakhir ini terus merosot seiring dengan anjloknya harga cengkeh di daerah tersebut.

Menurut sejumlah penjual mobil bekas di Kota Manado, Senin, penjualan mobil bekas mengalami penurunan sekitar 20 persen akibat turunnya harga cengkeh.

Denis Maringka, salah seorang pemilik showroom mobil bekas mengatakan, sejak harga cengkih terjun bebas dari Rp85 ribu hingga kekisaran Rp26-27 ribu per kilograam saat ini, telah mengakibatkan penurunan penjualan mobil bekas.

Mobil bekas yang terjual di salah satu show room tertua di Kota Manado itu, kata Denis, tahun 2001 lalu bisa mencapai 6 unit per bulan. Namun saat ini hanya sekitar tiga sampai empat unit.

Pengaruh cengkeh sangat terasa sebab pembeli di showroom tersebut sebagian besar adalah petani cengkeh yang ingin mendapatkan kendaraan secara cepat dengan harga lebih murah ketimbang mobil baru.

Harga jual di showroom, kata Denis, mengikuti tahun produksi mobil serta merek kendaraan, misalkan kendaraan Kijang Krista tahun 2002 dipasarkan seharga Rp190 juta per unit.

Dari puluhan jenis kendaraan yang dipajang di show room itu, paling digemari mobil jenis kijang mencapai 70-80 persen, sedangkan minubus niaga menempati urutan kedua.

“Setiap bulan terdapat sekitar dua sampai tiga unit kendaraan jenis kijang dibeli masyarakat,” kata Denis menambahkan. Menjawab pertanyaan, dia merasa pesimis dengan bisnis mobil bekas di bulan-bulan mendatang, jika harga cengkih masih di
kisaran Rp20-an ribu seperti saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: