admin

Pembiayaan Mobil Bekas Naik 20% Jelang Lebaran

In Berita, harga mobil bekas, mobil bekas on Agustus 7, 2009 at 3:07 am

Berkah Ramadhan ternyata juga hinggap di perusahaan pembiayaan khususnya untuk mobil bekas. Di bulan puasa ini, permintaan mobil bekas meningkat kurang lebih 20%.

Presiden Direktur PT Magna Finance Goenadi Hadiwidjaya menjelaskan di Magna Finance terjadi lonjakan permintaan akan pembiayaan mobil bekas. “Tambahannya sekitar 20% jika dibandingkan bulan biasa,” tuturnya pada 15/9. Jika di bulan biasa, permintaan akan mobil bekas di Magna rata-rata berkisar 500 unit mobil per bulan. Di bulan Ramadhan ini menjadi 600 unit atau bertambahan sekitar 100 mobil.

Permintaan tersebut kebanyakan adalah mobil-mobil passenger seperti tipe sedan atau multi purpose vehicle (MPV). Permintaan sedan kebanyakan di kota-kota besar. Sedangkan permintaan untuk tipe MPV kebanyakan berasal dari daerah-daerah. Para peminat mobil bekas kelihatannya masih menggandrungi merek-merek Toyota, Isuzu, dan Daihatsu dengan jenis mobil MPV seperti Xenia, Avanza, Panther dan Kijang Innova. Sampai saat ini, outstanding pembiayaan di Magna Finance sudah mencapai Rp 200 miliar atau setara dengan 4.000 unit mobil.

Hal yang sama juga dialami oleh PT BCA Finance. Presiden Direktur BCA Finance Rony Haslim mengatakan, sejauh ini pembiayaan di bulan puasa mengindikasikan ada kenaikan sekitar 20%. “Untuk bulan-bulan biasa, kami kucurkan pembiayaan sekitar 2.000 unit mobil bekas atau setara dengan Rp 200 miliar. Khusus bulan puasa ini ada kenaikan sekitar 400 unit mobil bekas,” tutur Rony. Sedangkan Kembang 88 Multifinance justru sudah mengalami kenaikan pembiayaan mobil bekas sejak bulan Agustus lalu. General Manager Kembang 88 Multifinance Heri Gunawan mengatakan, pada bulan biasa Kembang 88 membiayai rata-rata 1.000 unit per bulannya atau setara dengan Rp 60 miliar sampai Rp 65 miliar. “Tapi bulan lalu, kita mengucurkan kredit sekitar Rp 75 miliar,” tutur Heri.

Pada bulan puasa ini, Heri mengindikasikan jumlah kredit yang bakal dikucurkan mencapai sekitar Rp 70 miliar. Dia menjelaskan, banyak nasabah multifinance yang mengantisipasi bakal ada kenaikan harga mobil bekas menjelang Lebaran. Oleh karena itu, mereka memilih untuk membelinya sejak bulan lalu. Sampai akhir Agustus kemarin, Kembang 88 Multifinance sudah berhasil mengucurkan pembiayaan sekitar Rp 500 miliar. Sedangkan target akhir tahun sebesar Rp 567 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: