admin

Cek Chasis Mobil Bengkok

In bursa mobil bekas on Agustus 15, 2009 at 10:48 am

Tips memilih mobil bekas, untuk mengetahui apakah chasis mobil bengkok atau tidak.:

1. Cobalah untuk memakai kendaraan pada jalan yang lurus dan rata, rasakan kestabilan mobil. Coba untuk menikung ke kiri dan ke kanan, apakah semuanya stabil.
2. Lihat tie rod antara kiri dan kanan, apakah setingannya sama ? caranya salah satunya adalah dengan melihat atau mengukur panjang tie rod antara roda kiri dan kanan, apakah jarak antara roda dan pemegang tie rod mempunyai jarak yang sama? atau dengan mudah dapat kita ukur jarak ulir sisa antara pemegang tie rod roda kiri dan kanan.
3. Apakah kalau kita lepaskan stir pada jalan lurus mobil tetap berjalan lurus?
4. Apabila langkah 2 dan 3 sudah oke maka ke langkah ke empat.
5. Cari seutas tali , bisa benang atau tali rafia, minta tolong orang lain untuk memegang tali tersebut pada ujung belakang roda belakang kemudian kita memegang tali tersebut didepan mobil. Gerakkan tali tersebut secara pelan-pelan sampai tali tersebut menyentuh bagian depan roda belakang. Jadi tali tersebut menyentuh bagian belakang dan bagian depan roda belakang. Untuk mobil dengan chasis yang lurus, maka tali yang kita pegang di depan akan menyentuh roda bagian depan. Jika ada selisih antara roda depan dan belakang, bisa dipastikan bahwa chasis mobil tersebut tidak lurus.

Kesimpulan : kalau stir kita lepas pada jalan lurus tetap jalan lurus, jarak tie rod dari roda ke pemegang sama, kita ukur dengan benang ada selisih, kemungkinan besar chasis tidak lurus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: