Faktor daya angkut serta tingkat efisiensi bahan bakar, juga pengaruhi naiknya permintaan mobkas bermesin diesel. Alhasil, resale value juga bagus untuk jenis kendaraan penggerak solar itu. “Bertambahnya peminat minibus diesel seperti Isuzu Panther dan Toyota Kijang diesel, sebenarnya sudah mulai marak pada tahun 2004,” ungkap Robert Gozali. Pasar minibus diesel memang masih didominasi Panther, terutama tipe LS yang merupakan penerus generasi Hi Grade. Market
share diesel, jika dipersentase, Panther mengantongi 60% permintaan pasar. Sementara rivalnya dari merek lain mengisi 40% sisanya.
Karena itu harga mobil bekas diesel sebenarnya tak terlalu fluktuatif ketimbang versi bensin. Contoh nyata kita ambil pasaran mobkas diesel yang bisa dijadikan acuan untuk mobil diesel baru. Sebut saja Panther Hi Grade model kotak, pasarannya masih di atas Rp 80 juta untuk tahun 2000. Sementara New Panther LS manual tahun yang sama, harga penawaran pedagang masih di rentang Rp 100 jutaan.